Jumat, 09 Oktober 2009

konsep jaringan berbasis luas

Jaringan berbasis luas sebenarnya merupakan pengembangan dan penggabungan dari beberapa buah jaringan LAN (Local Area Network). Para praktisi networking mencoba untuk lebih menggali lagi dari fungsi jaringan local yang hanya mencakup area setempat saja.

Dalam jaringan berbasis luas, “IP Public” dan “IP Private” adalah hal yang sangat penting untuk diketahui. Adapun pengertian dari masing-masing istilah di atas adalah:

1. IP Private

IP yang bersifat pribadi dan biasanya hanya digunakan dalam jaringan yang tidak terkoneksi ke jaringan luar yang lebih luas seperti internet. IP Private tidak bisa di akses oleh orang lain yang berbeda jaringan / workgroup dengan kita . sehingga dalam proses konfigurasinya pun IP private bisa kita tentukan sendiri alamatnya tanpa harus membayar / membeli lisensi atau izinnya.

2. IP Public

IP yang yang bersifat umum dan memang digunakan dalam jaringan berbasis luas sehingga IP tersebut bisa di akses oleh orang dari luar jaringan kita, termesuk melalui internet. untuk mendapatkan IP Public kita harus mendaftar ke sebuah ISP (Internet Service Provider). Dalam pengaturannya secara mendunia (internet) IP public ini di atur oleh sebuah lembaga yang berwenang di dalamnya seperti ARPANET, dan lain2.

Adapun jenis jaringan berbasis luas yang saya ketahui adalah:

1. WAN
jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

2. Internet

Sebenarnya terdapat banyak jaringan di dunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda.Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak compatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang
terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet

0 komentar:

Poskan Komentar

iLmu KomPuTer © 2009. Design by :ImAm RiVaNo Sponsored by: ImAm RiVaNo TKJ